BP2T Gelar Layanan Keliling

Sebagai salah satu bentuk pelayanan prima kepada warga masyarakat dalam pengurusan perijinan, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Malang mengadakan pelayanan keliling. Seperti di lobi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Jalan Raya Tenes (Stadion Gajayana). BP2T membuka pelayanan sehari yang meliputi pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Hinder Ordonantie (HO) atau izin gangguan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Izin reklame, dan izin usaha konstruksi.

Menurut salah satu staf BP2T, Rachim saat ditemui di tempat pelayanan, meski pelayanan perizinan keliling ini baru pertama kali, nantinya akan diadakan pelayanan keliling secara berkelanjutan. “Diadakannya pelayanan perijinan keliling ini mendapat sambutan positif dari warga masyarakat, hal ini terbukti dengan banyaknya warga yang datang ke tempat pelayanan untuk menanyakan syarat-syarat dalam mengurus berbagai perizinan,” ujarnya.
Rachim menambahkan, pelayanan perizinan keliling ini juga merupakan salah satu sarana sosisalisasi BP2T kepada warga masyarakat agar sadar dan mau mengurus perizinan, terutama IMB rumah pemukiman. “Dari beberapa jenis perizinan itu, masih banyak warga masyarakat Kota Malang yang masih belum mengurus IMB rumah sebagai pemukiman. Meski tidak untuk sebuah usaha, setiap mendirikan bangunan harus mempunyai izin,” sambungnya.
Lebih lanjut Rachim mengatakan, untuk mengurus IMB, beberapa syarat harus dipenuhi, diantaranya yaitu Advis Planning (AP), informasi lingkungan (bisa didapat di Badan Lingkungan Hidup-BLH), gambar bestek bangunan (tampak depan, samping, potong AA-memanjang, potong BB-melintang), fotokopi sertifikat tanah yang dilegalisir pejabat yang berwenang dan fotokopi KTP 1 lembar. “Di antara beberapa syarat itu yang harus diprioritaskan adalah AP, karena tanpa adanya AP pengurusan IMB tidak bisa diproses,” imbuhnya.
“Pelayanan keliling selanjutnya akan diadakan di Malang Olympic Garden (MOG) Jalan Kawi pada bulan Juli 2011 mendatang. Pengurusan IMB ini bisa terselesaikan selama 4 hari kerja jika semua persyaratan sudah terpenuhi. Dengan pelayanan keliling ini diharapkan semua warga masyarakat Kota Malang bisa lebih mudah dalam mengurus perizinan dan tidak ada lagi alasan untuk tidak mempunyai izin dalam berbagai hal,” pungkas Rachim.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...