KDS Gelar Lomba Drum Band

MALANG - Untuk membangkitkan semangat para generasi muda dalam menggeluti dan menyenangi kesenian Drumband, Ken Arok Duta Suara (KDS) Kota Malang menggelar Festival Drumband. Gelaran yang diberangkatkan oleh Wakil Walikota Malang, Drs. Bambang Priyo Utomo, B.Sc dari halaman Balaikota Malang ini merupakan agenda tahunan dari KDS. Festival drumband ini juga dalam rangka memperingati HUT Kota Malang yang ke-97 tahun.

Menurut Ketua Harian Persatuan Drumband Indonesia Cabang Malang, Budi Santoso, acara ini diadakan hanya satu hari dan memperebutkan hadiah uang pembinaan serta mendapat piagam. “Pada lomba ini akan diambil tiga juara dan juga memperebutkan 9 piala bergilir. Peserta lomba/festival drumband ini tidak hanya dari Malang, tapi juga diikuti oleh peserta dari luar Malang, seperti dari Blitar, Tuban, Nganjuk, Gresik, dan lain sebagainya, ujar Budi saat ditemui di sela-sela acara, Jumat (30/5).
Budi menambahkan, beberapa kriteria penilaian pada festival kali ini yaitu musik, baris-berbarisnya, permainan bendera, alat tiup, perkusi, dan mayoret. “Bagi kelompok atau sekolah yang meraih banyak penghargaan, maka sekolah tersebut yang akan menjadi juara umum. Setiap grup drumband yang mengikuti festival ini tentunya akan bersaing secara ketat untuk bisa meraih juara umum. Karena para pemenang festival ini nantinya akan diikutkan pada ajang PON remaja,” ucapnya.
Terpisah, Wakil Walikota Malang, Bambang Priyo Utomo mengatakan bahwa ajang ini merupakan sarana latihan bagi generasi muda dalam memainkan kesenian drumband ini. “Dengan sering diselenggarakannya even seperti ini mudah-mudahan drumband bisa lebih berkembang lagi, terutama di kalangan pelajar,” harapnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...