Kemkominfo Gelar Bimtek

Setiap produk usaha atau perusahaan, faktor terpenting yang sangat dibutuhkan adalah pemasaran. Jika pemasaran produk yang kita miliki minim, maka usaha atau perusahaan yang bersangkutan tidak akan bisa lama bertahan hidup. Oleh sebab itulah, apabila kita mempunyai produk, untuk langkah awal hendaknya memperkuat di sektor pemasarannya. Selain dengan cara konvensional, pemasaran yang juga sangat efektif yaitu pemasaran via online.

Terkait hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI menggelar bimbingan teknis (Bimtek) “Common Platform e-UKM” di Hotel Ollino Jalan Aries Munandar Kota Malang.
Bimtek ini diikuti oleh 50 pelaku UKM yang ada di Kota Malang dan menghadirkan tiga pemateri, yaitu Lukas dari PT Taktis Media, Erizal dari PT Pilar Cipta Solusi dan Pidekso Adi dari Telecenter Daragati.
Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Dra. Tri Widyani, P.,M.Si dengan diadakannya bimtek ini para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Kota Malang bisa lebih maju dan bisa memasarkan produknya secara online. “Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mengajarkan secara gamblang mengenai sistem pemasaran produk UKM dan akan memfasilitasinya menuju Elektronik UKM (e-UKM),” katanya.
Sementara itu, Soni Sudaryaman dari Kementerikan Komunikasi dan Informatika RI menyampaikan, bahwa para UKM ini nantinya akan menawarkan produknya, bertransaksi, pengiriman barang, dan juga pembayarannya secara online. “Dengan sistem ini secara otomatis sangat menguntungkan para UKM dan lebih efektif serta efisien,” ungkapnya.
“Kenapa kita memilih UKM? Jika dibanding produk lain pada umumnya, produk yang dihasilkan oleh para UKM ini tahan banting. Pemberlakuan e-UKM ini merupakan program Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang harus disosialisasikan ke daerah-daerah dengan melibatkan Diskominfo kota/kabupaten dan pihak terkait lainnya,” pungkas Soni.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...