Kontingan Jambore Kota Malang Berangkat

Jambore nasional atau yang lebih dikenal dengan pesta pramuka tahun 2011 ini akan diadakan di bumi perkemahan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera selatan sejak tanggal 2–12 Juli 2011. Berbagai daerah akan mengirimkan perwakilan/kontingennya dalam rangka jambore nasional tersebut, termasuk dari Kota Malang.

Kontingen Kota Malang diberangkatkan pada hari Selasa (28/6) di depan Balaikota Malang oleh asisten 1 yang membidangi asisten umum, Drs. Burhanuddin, M.Si. Kontingen pramuka penggalang sebanyak 32 anak dan 8 orang pendamping ini mewakili pramuka Kwartir Cabang kota Malang.
Menurut wakil Ketua Kwartir Cabang Bidang Pembinaan anggota muda, Dr. Drs. H. Shofwan, SH, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh asisten 1 mengatakan bahwa kepramukaan bagian dari gerakan kepanduan, yang juga memiliki peran dan fungsi sebagai sistem pendidikan non formal dalam mendukung dan melengkapi pendidikan formal, maka pramuka merupakan wahana penting dan strategis guna membentuk watak atau karakter serta kepribadian generasi muda.
Menurut Burhanuddin, gerakan pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan antar anggotanya. “Di pramuka kita bisa belajar keterampilan yang tidak diajarkan di sekolah. belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain dan menyatu dengan alam bebas, belajar memimpin dan menjalankan organisasi, bahkan juga membangun keberanian dan kemandirian,” ujarnya.
Burhanuddin menambahkan, keikutsertaan generasi muda dalam gerakan kepanduan atau kepramukaan adalah satu hal yang tepat untuk mengembangkan remaja unggul yang berwatak, berkepribadian, berbudi pekerti luhur dan mempunyai sikap mandiri dalam kebersamaan dan persaudaraan. “Hal ini sangat penting untuk dijadikan bekal bagi generasi penerus yang diharapkan dapat meneruskan perjuangan dan cita-cita bangsa,” lanjutnya.
Lebih lanjut Burhanuddin mengatakan, jambore nasional ini adalah kegiatan di alam bebas yang merupakan salah satu metode kepramukaan yang penting dalam upaya membangkitkan potensi pramuka, baik aspek fisik, intelektual, emosional, sosial maupun spiritual.
Selain itu, kata dia, kegiatan seperti ini juga akan memberikan berbagai pengetahuan, ketrampilan, dan kemahiran yang berhubungan dengan kepramukaan, sekaligus sebagai upaya yang sangat berarti bagi tumbuh kembangnya semangat persaudaraan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta pertumbuhan sikap mental dan wawasan kebangsaan diantara para peserta di seluruh nusantara.
“Di sisi lain, manfaatkan pula momen tersebut untuk saling berinteraksi antar sesama kontingen lain, belajar dan bertukar pengalaman yang positif dalam rangka memajukan dunia kepramukaan. Dengan langkah upaya tersebut, insyaallah, para peserta akan mendapatkan manfaat positif, guna pengembangan kualitas pribadi, demi kebanggaan keluarga, guru dan masyarakat Kota Malang pada umumnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...