Kota Malang Siap Raid Adipura Kencana

MALANG - Kota Malang bersama Pekanbaru, Riau bersaing ketat untuk memperebutkan piala Adipura Kencana 2011. Persaingan itu, setelah dua kota ini sukses menyingkirkan kota-kota pesaing lainnya di Indonesia.
Mereka sebelumnya menyingkirkan ratusan kota yang disaring menjadi 11 kota/kabupaten. Dari sejumlah itu disaring lagi menjadi lima. Bahkan, dari lima itu diseleksi lagi menjadi dua, sehingga Kota Malang dan Pekanbaru, Riau yang terpiih menjadi kandidat peraih piala Adipura Kencana itu.

Untuk bersaing menjadi pemenang itu, Kota Malang, kedatangan Dewan Pertimbangan Adipura (DPA) dari Jakarta bersama tim dari Kementerian Lingkungan Hidup, untuk mengklarifikasi penilaian mulai tahap pertama hingga tahap ketiga.
Tim Adipura dari Jakarta ini diterima langsung Wali Kota Malang, Drs. Peni Suparto, M.AP. Menurutnya seleksi pemilihan kota Adipura ini sangat ketat. “Bayangkan dari 11 jadi lima lalu tinggal dua. Itu sangat luar biasa ketatnya,” papar Peni saat ditemui setelah bertemu DPA di Balaikota Malang.
Untuk itu, dia berharap masyarakat ikut berpartisipasi guna memenangkan piala Adipura Kencana pada tahun 2011 ini. Terutama yang berkaitan dengan kebersihan dan keindahan kota. Sebab, menurut dia, tanpa peran serta masyarakat, sulit untuk bisa meraih piala bergengsi di bidang kebersihan dan keindahan kota itu.
Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Wasto mengakui bila kedatangan tim dari DPA bersama tim Kementerian Lingkungan Hidup itu untuk klarifikasi. “Khususnya untuk kandidat pemenang piala Adipura Kencana kategori kota besar, termasuk Kota Malang. Yang diklarifikasi itu meliputi berbagai aspek. Jadi saat ini, yang diharapkan dari DPA ini hanya pada aspek aplikasi, dan kebijakan teknis SKPD untuk kedepannya. Itu saja,” katanya.
Karena itu, Wasto optimis Kota Malang bisa meraih piala Adipura Kencana pada tahun 2011 ini. Sebab, penilaian mulai dari tahap pertama hingga ketiga menunjukkan tren kenaikan yang bagus.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...