Lebar Jalan Tol Harus 20 Meter

Untuk menunjang pembangunan tol jalur lingkas selatan timur, dinas pekerjaaan umum akan melebarkan jalan sepanjang 800 meter yang ada di sebelah timur Pasar Gadang Kota Malang. Menjelang pelebaran jalan itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Hadi Santoso menggelar hearing dengan Komisi C DPRD Kota Malang di gedung dewan.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Syaiful Rusdi mengatakan, jalan sepanjang 800 meter itu akan dilebarkan menjadi 20 meter dari sebelumnya yang hanya 11,5 meter. “Sebelum dilakukan pelebaran jalan, sebanyak 1500 pedagang kaki lima (PKL ) yang ada di sepanjang jalan itu harus direlokasi terlebih dahulu. Pembangunan ini akan dimulai pada tahun 2012 mendatang,” ujar politisi PAN itu.
Syaiful menambahkan, pembangunan jalan itu membutuhkan dana sebesar 3,35 milyar. “Dana tersebut berasal dari APBD Kota Malang dan juga dari Provinsi Jawa Timur, dan proporsinya diperkirakan lebih besar berasal dari provinsi, karena jalan itu nantinya merukan jalan protokol. Untuk detail pembagiannya kami masih belum tahu,” lanjutnya.
Lebih lanjut Syaiful mengatakan, selain untuk menunjang adanya tol jalur lingkar selatan timur, pelebaran jalan ini sesuai dengan aturan pemerintah yang memang mengharuskan lebar jalan 20 meter seperti jalan tol pada umumnya. “Terkait pelebaran jalan itu, Komisi D Provinsi sudah menyurvei jalan yang akan dibangun tersebut beberapa waktu lalu, sehingga proses pelebaran jalan sudah tidak ada masalah,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...