MCW Dan Dewan Bahas Standar Pendidikan

MALANG- Malang Corruption Watch (MCW) akan segera melakukan rapat dengar pendapat dengan tiga institusi pendidikan. Yaitu, Dinas Pendidikan Nasional, Komite Sekolah, dan DPRD Malang Raya. Rencana ini terkait rencana pembuatan standar pelayanan di sekolah yang selama ini masih banyak dikeluhkan masyarakat. Demikian dikatakan ketua MCW, Lutfi Hafidz. 

Lutfi mengatakan bahwa selama ini pihaknya banyak mendapatkan keluhan dari masyarakat terkait buruknya pelayanan di sekolah-sekolah. Karena itu MCW akan mendesak dewan untuk segera membuat peratuan yang berisi standar pelayanan di masing-masing sekolah. "Standar pelayanan ini dimulai dari sistem pendaftaran siswa baru hingga pada masalah biaya pendidikan,"ujar Lutfi. Sebelum menghadap ke dewan, MCW akan melakukan dengar pendapat dengan pihak komite sekolah dan kemudian dilanjutkan ke diknas.
Adapun mereka tetap membuka diri untuk menampung keluhan dari masyarakat terkait masalah pelayanan publik. Standar pelayanan sekolah ini diperlukan untuk meningkatkan mutu pelayanan publik di masing-masing sekolah. Baik itu sekolah negeri maupun sekolah swasta. Dengan adanya standar ini, maka nantinya pihak institusi sekolah tidak mudah membuat kebijakan yang terkesan semena-mena. Tak hanya itu, nantinya pelayanan publik yang diberikan sekolah juga harus mengacu pada tranparansi. Artinya, siapapun bisa dengan mudah mendapatkan informasi ataupun mengakses dari dunia cyber dari kebijakan yang ada di sekolah tersebut. Tranparansi itu berlaku di bidang-bidang yang berhubungan dengan masyarakat termasuk biaya dan penggunaan dana pendidikan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...