Puluhan Siswa Di Malang Tidak Lulus Unas

MALANG- Pengumuman kelulusan Ujian Nasional (Unas)  menyisakan kisah sedih bagi 40 siswa SMA/SMK/MA di wilayah Malang Raya. Mereka dinyatakan tidak lulus unas dan harus mengulang dan ikut ujian lagi tahun depan. Para siswa yang tidak lulus itu 23 orang dari Kota Malang, 13 orang dari Kabupaten Malang, dan 4 orang dari Kota Batu.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Kadindiknas)Kota Malang, Sri Wahyuningtyas, mengatakan bahwa pengumuman kelulusan tersebut dilakukan serentak di seluruh sekolah penyelenggara Unas di Kota Malang. "Meskipun hari ini (Senin, 16/5/2011) sudah ditetapkan sebagai cuti bersama, tetapi pelaksanaan pengumuman kelulusan tetap dilaksanakan di sekolah yang bersangkutan,"ujar Sri Wahyuningtyas.
Ia menjelaskan, bahwa dari 23 siswa yang tidak lulus itu berasal dari 4 siswa SMA dan 19 siswa SMA. Sedangkan dari angka tersebut, yang berasal dari SMA swasta 1 orang sedangkan SMK swasta 9 orang.
Untuk Kabupaten Malang yang memiliki peserta unas SMA/SMK/MA mencapai 5014 siswa, 13 di antaranya dinyatakan tidak lulus. Siswa tidak lulus itu berasal dari 7 siswa SMA dan 6 siswa SMK. Dan yang paling banyak tidak lulus dalah siswa yang berasal dari jurusan sosial/ IPS. Sedangan untuk jurusan IPA hanya 2 siswa yang tidak lulus sedangkan dari bahasa 100 persen semua siswanya lulus ujian.
Berbeda dengan Kota dan kabupaten Malang, di Kota Batu hanya ada 4 pseserta unas yang tidak lulus. 1 di antaranya dalah pelajar SMK sedangkan lainnya dari siswa SMA. Namun demikian angka ketidaklulusan di Kota Batu pada tahun ini menurun cukup signifikan.
Pada tahun tahun ajaran 2009/2010 lalu, jumlah peserta UN SMA/MA/SMK di kota wisata Batu ini terdapat 463 siswa yang tidak lulus. Memang saat itu peserta unas SMA/SMK/ MA mencapai 2.099 siswa. Jumlah ini lebih banyak daripada peserta tahun ini yang berjumlah 1.528 siswa. Namun demikian prosentase ketidaklulusan siswa untuk tahun ini sudah menurun cukup signifikan.
" Untuk tahun ini kami memang menargetkan para peserta Unas SMA bisa lulus 100 persen. Namun meskipun targhet tidak tercapai, hasil yang dicapai tahun ini jauh lebih baik daripada tahun lalu,"ujar Kadindiknas, Zakaria.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...