SMPN 6 Malang Peraih Nun Tertinggi

Meski beberapa waktu lalu Dinas Pendidikan Kota Malang melarang adanya penyelenggaraan wisuda di sekolah-sekolah, akan tetapi tidak menyurutkan SMP Negeri 6 Kota Malang untuk mengadakan wisuda. Sekolah yang berada di Jalan Kawi ini menggelar wisuda yang diikuti oleh 332 siswa kelas IX tahun pelajaran 2010-2011 di Hotel Kartika Graha Malang.
Penyelenggaraan wisuda ini, menurut Hariadi selaku ketua panitia, tidak mengabaikan instruksi Dinas Pendidikan Kota Malang dan merupakan hasil kesepakatan bersama antara pihak sekolah dan wali murid. ”Kami dari pihak sekolah tahu dan mengerti apa yang dirasakan para orang tua saat ini terkait instruksi Dinas Pendidikan itu,” katanya.
Dalam sambutannya, Hariadi berharap kepada siswa-siswi SMPN 6 yang diwisuda agar bisa menjadi anak yang berguna dan menjaga nama baik sekolah, serta menghimbau agar tetap meningkatkan belajarnya. ”Seperti kata pepatah yang mengatakan, ‘jika sekarang kapas, mudah-mudahan besok menjadi kain; jika sebelumnya masih bermalas-malas, mudah-mudahan nantinya bisa menjadi rajin,” imbuhnya.
Terpisah, Kepala SMPN 6 Kota Malang, Lilik Ernawati menyampaikan bahwa prestasi sekolahnya pada tahun 2011 ini mengalami kemajuan dibanding tahun pelajaran 2009/2010 lalu. “Selain lulus 100 persen, untuk tahun 2011 ini SMPN 6 meraih peringkat ke-6 untuk rata-rata Nilai Ujian Nasional (NUN) SMPN se-Kota Malang, sedangkan tahun 2009 meraih peringkat ke-7. Untuk NUN tertinggi, se-Kota Malang, SMPN 6 meraih peringkat ke-5 yaitu 37,80,” paparnya.
Lilik juga berpesan agar kelak para siswanya tidak menjadi anak yang sombong, tidak putus asa dan pantang menyerah dalam menyongsong masa depannya. “Perjalanan kalian masih sangat panjang, jangan pesimis meskipun kemarin meraih NUN rendah, serta yang meraih NUN tinggi tidak sombong. Bagi yang meraih NUN rendah hendaknya berintrospeksi diri, dimana letak kelemahannya dan segera bangkit untuk memperbaikinya,” imbuhnya.
“Begitu juga bagi para orang tua siswa hendaknya terus mensupport anaknya dan juga bisa memberikan sumbangsih pemikiran, kritik maupun saran yang membangun terhadap SMPN 6 demi kemajuan sekolah. Kita sebagai orang tua harus tetap bersyukur terhadap apapun yang diraih anak-anak kita saat ini. Anak-anak telah berusaha dengan maksimal, dan itulah hasilnya,” pungkas perempuan berjilbab ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...