Walikota Lepas Kontingen Jambore Pramuka Nasional

Pendidikan pramuka merupakan sistem pendidikan non formal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal dalam upaya pembentukan watak dan kepribadian kaum muda serta merupakan pilihan utama dan solusi handal dalam menjawab berbagai tantangan dan permasalahan generasi muda sebagai kader bangsa yang cinta tanah air.

Oleh karena itu, gerakan pramuka tetap menjadi mitra pemerintah yang harus dipertahankan dan diperkuat posisinya dalam mengemban tugas membina kaum muda. Maka, dalam hal ini pemerintah juga akan dan harus terus membantu serta memfasilitasi gerakan pramuka dalam mewujudkan cita-citanya.
Demikian yang disampaikan oleh Walikota Malang, Drs. Peni Suparto,M.AP saat membuka Jambore Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Malang dan pelepasan kontingen anggota gerakan pramuka yang akan dikirim ke Jambore Nasional, di bumi perkemahan Kelurahan Wonokoyo Kecamatan Kedungkandang. Jambore kwarcab ini merupakan agenda rutin Gerakan Pramuka Kota Malang, dan kali ini melibatkan 1.034 anggota pramuka se-Kota Malang yang terdiri dari 5 kwartir ranting (setingkat kecamatan_red).
Menurut Inep, sapaan akrab Peni Suparto, bahwa jambore ini merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka sebagai sarana pembinaan pramuka yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.
Inep menambahkan, melalui kegiatan ini juga akan memberikan berbagai pengetahuan, keterampilan, dan kemahiran yang berhubungan dengan kepramukaan, sekaligus sebagai upaya yang sangat berarti bagi tumbuh kembangnya semangat persaudaraan, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan serta pertumbuhan sikap mental dan wawasan kebangsaan.
Di pihak lain, salah satu pimpinan kontingen pramuka dari Kecamatan Sukun, Djuli Arifianto mengatakan bahwa jambore kwarcab ini akan digelar mulai 16-20 Juni 2011. “Jambore kwarcab ini merupakan acara tombo ati bagi anggota Gerakan Pramuka Kota Malang menjelang digelarnya jambore nasional pada 2-12 Juli 2011 mendatang di Palembang,” ujar Djuli.
“Pada bulan April lalu Kwarcab Kota Malang telah mengadakan seleksi guna memilih anggota gerakan pramuka yang akan dikirim ke jambore nasional. Adapun materi seleksinya mengenai keterampilan, kecerdasan, kecakapan, tali temali, kepribadian, dan wawancara. Pada seleksi itu akhirnya terpilih 20 pramuka penggalang pria dan 20 putri yang akan mewakili Kota Malang pada Jambore Nasional Pramuka mendatang di Palembang,” pungkas Djuli.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...