Wanita Pewirausaha Ikuti Pelatihan Industri Mikro

MALANG- Sedikitnya 500 wanita yang bekerja sebagai wirausaha mikro mengikuti pelatihan kewirausahaan di gedung Kartini Kota Malang. Acara ini diadakan tim penggerak PKK kota Malang. Diharapkan melalui pelatihan ini mereka mampu mengembangkan diri dan memiliki usaha yang maju. Pelatihan dibuka langsung oleh ketua tim Penggerak PKK Kota Malang, Ny. Heri Puji Utami.

Istri Walikota Malang, Drs Peni Suparto itu mengatakan bahwa Kota Malang memiliki sekitar 3500 wanita yang bekerja sebagai wirausaha mikro. Kebanyakan mereka memilih untuk bekerja karena ingin membantu keuangan keluarga. Sedikit sekali bahwa pilihan itu didasarkan atas pendidikan maupun keahlian. "Karena itu kami ingin memberikan pelatihan untuk menjadi seorang pengusaha yang baik dan kiat memilih usaha yang tepat,"ujar Ny.Heri Puji.
Ia menambahkan , pihaknya ingin mengoptimalkan pemberdayaan perempuan Kota Malang tepat. Ketrampilan dan modal usaha dianggap paling pas. Khusus masalah modal ini dalam pelatihan kali ini bekerja sama dengan Koperasi Sahabat Wanita.
Manager Membership Departmen (MMD) Koperasi Sahabat Wanita, Teuku Havid Ridwansayah mengatakan, pihaknya siap mencairkan modal bagi para wanita pengusaha kecil mikro ini.
Namun Havid juga tak mau mengambil resiko dengan memberikan bantuan dana kepada orang yang tak dibekali kemampuan. Karena itu untuk mendapatkan bantuan modal itu, setiap wanita pengusaha kecil harus mengikuti pelatihan-pelatihan yang diberikan. Pelatihan yang dilaksanakan saat ini merupakan pelatihan dasar-dasar kewirausahaan dalam meningkatkan pemberdayaan wanita.
Setelah mengikuti pelatihan, para wanita ini bisa mendapatkan pinjaman modal antara Rp 2 juta hingga Rp 20 juta. Ini tergantung kepada kemampuan dan jenis usaha yang dijalankan masing-masing personal. "Dan dalam pemberian bantuan modal itu setiap wanita usaha kecil ini dibebankan bunga hanya Rp 1,6 persen,"kata Havid.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...