Cuti Bersama, Penumpang Kereta Api Melonjak

Libur panjang adanya cuti bersama membuat Stasiun Malang Kota Baru ketiban rejeki. Para penumpang kereta api (KA) di stasiun ini mengalami peningkatan hingga 30 persen dibanding hari biasa. Lonjakan penumpang ini paling banyak terjadi pada jalur jarak jauh seperti Malang-Bandung dan Malang-Jakarta.

Wakil kepala Stasiun Malang Kota Baru, Nanang Eko Wahyudi, menjelaskan meskipun sama-sama berada di bagian barat pulau Jawa, KA jurusan Bandung berbeda dengan KA jurusan Jakarta. Karena untuk menuju Jakarta, KA dari Kota Malang tidak melewati Kota Bandung. "Jalur untuk KA jurusan Jakarta dan jurusan Bandung akan berbeda setelah melewati Stasiun Kroya,"ujar Nanang.
Menanggapi adanya lonjakan penumpang ini, pihak PT.KAI tidak menambah armada baru. Mereka hanya menambahkan rangkain gerbong pada KA jalur yang ada. Untuk jurusan Jakarta para penumpang dilayani dengan KA Gajayana, sedangkan jurusan Bandung dilayani KA Malabar.
Untuk perjalanan KA Gajayana, tiket hingga tanggal 17 Mei mendatang sudah ludes terjual. Jadi loket KA Gajayana untuk tanggal 17 sudah ditutup. Bahkan tiket ini sudah dinyatakan habis sejak Sabtu tanggal 14/5/2011.
Biasanya lonjakan/ limpahan penumpang akan berebut membeli tiket untuk perjalanan tanggal 18. Hingga berita ini ditulis, tiket KA Gajayana tanggal tersebut hanya tersisa 30 persen dari tiket yang disediakan. Bahkan untuk KA Malabar, tiket yang tersisa hanya 10 persen dari tiket yang disediakan.
Dengan naiknya jumlah penumpang KA jurusan Malang-Jakarta dan Malang-Bandung bukan berarti penumpang KA jurusan kota-kota dekat tidak naik. Kenaikan juga terjadi di jalur-jalur dekat seperti Malang-Surabaya dan Malang-Blitar. Hanya saja prosentase kenaikannya tidak sebanyak jurusan Jakarta dan Bandung.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...