Dinkes Masih Ngutang, Jamkesda Dinaikan

Parlemen News - Karena Dinas Kesehatan (Dinkes)Kota Malang pada tahun 2010 lalu memiliki hutang pada RST Supraoen Malang. Terkait hal tersebut maka, Dana Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) untuk masyarakat miskin harus ada penambahan. Pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2011 ini Jamkesda akan ditambah kembali sebesar Rp 1 miliar 155 juta, sehingga menjadi sekitar Rp. 7 miliar. Dengan adanya penambahan itu diharapkan bisa menutupi tanggungan dinkes kota Malang terhadap RST Supraoen.
Anggota Komisi B Bidang Keuangan dan Perekonomian DPRD Kota Malang, Bambang Triyoso mengatakan, dana Jamkesda Kota Malang awalnya hanya sebesar Rp.3 miliar 875 juta, kemudian ditambah lagi sekitar Rp.2 miliar.
“Untuk tahun 2011 ini, data penerima Jamkesda di Kota Malang mengalami peningkatan, yaitu sekitar 32 ribu orang. Selain bisa menutupi tanggungannya, mudah-mudahan dinkes juga tidak kekurangan dana lagi seperti yang terjadi pada tahun 2010” ujar Bambang.
Untuk diketahui, pada akhir tahun 2010 lalu, Dinkes Kota Malang masih mempunyai hutang pada RST Supraoen yang selama ini melayani para penerima Jamkesda Kota Malang pada tahun 2010. “Adanya hutang tersebut disebabkan karena warga kota Malang yang menerima Jamkesda yang sudah dianggarkan pada APBD 2010 melebihi anggaran yang dimiliki Dinkes Kota Malang,” pungkas politisi PKS itu.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...