Pengelolaan Parkir Pindah, Target Pendapatan Dishub Dikurangi

Malang - Di tahun 2011 ini, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir yang dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang dikurangi sebanyak 200 juta dari yang awalnya Rp. 2,5 miliar kini mejadi Rp. 2,3 miliar.

Adanya pengurangan target itu disampaikan oleh salah satu Anggota Komisi B bidang keuangan dan perekonomian DPRD Kota Malang, Bambang Triyoso.
Pengurangan sebesar Rp. 200 juta dari Dishub itu dialihkan ke Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Malang, karena pada tahun ini ada sekitar 58 titik parkir yang awalnya dikelola Dishub kini dialihkan ke Dispenda,” ujar politisi PKS tersebut.
Saat ini, lanjut Bambang, pada Perda nomor 16 tahun 2010 sudah mengatur tentang pajak parkir yang dikelola oleh Dispenda dan retribusi parkir yang dikelola oleh Dishub. “Semua peraturan yang menyangkut retribusi parkir sudah cukup jelas di perda itu,”imbuhnya.
“Pajak parkir adalah biaya parkir dari lahan yang disediakan swasta untuk tempat parkir, sementara retribusi parkir adalah biaya parkir yang menggunakan fasilitas pemerintah seperti pinggir jalan maupun bahu jalan,” katanya.
Meski demikian, dewan dan badan anggaran masih akan mengkaji kembali, mengingat retribusi parkir saat ini naik. “Untuk kendaraan roda dua yang awalnya Rp. 500 menjadi Rp. 700, dan untuk kendaraan roda empat yang awalnya Rp. 1000 menjadi Rp. 1500,” pungkas Bambang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...