Rumah Potong Hewan Siapkan Daging Jelang Ramadhan

MALANG - Menjelang datangnya bulan Ramadan dan Lebaran 2011, stok daging sapi di Kota Malang tercukupi. Ini disampaikan Direktur Rumah Potongan Hewan (RPH) Kota Malang, Djoko Sudadi, usai mengadakan hearing dengan DPRD Kota Malang.
Saat ini harga daging sapi di Kota Malang berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per kilonya. Angka ini dipastikan tetap stabil menjelang dan selama bulan Ramadan. Selama itu di RPH akan melakukan pemotongan sapi sebanyak 63-64 ekor per hari. “Dan sapi-sapi yang dipotong itu adalah kiriman dari para peternak dari Kabupaten Malang,” ujar Djoko Sudadi.

Angka ini baru akan naik ketika menjelang hari raya Idul Fitri. Pada H-3 jumlah sapi yang dipotong akan naik menjadi 150-160 ekor per hari. Sedangkan kandang yang ada di RPH bisa menampung hingga sebanyak 200 ekor sapi. Dengan kondisi berarti kebutuhan daging sapi selama Ramdhan dan lebaran akan tercukupi.
Selama ini, pengawasan yang dilakukan RPH tidak ditemukan adanya daging glonggongan di pasaran. Mereka juga telah melakukan kerja sama dengan Dinas Peternakan untuk memantau adanya daging sapi yang dicampur daging babi. Petugas dari Dinas Peternakan bisa memilah daging sapi murni dan daging sapi yang telah dicampur daging babi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...