Selama Lebaran Listrik Akan Hidup Terus

MALANG – Selama Ramadan dan Lebaran listrik tidak akan mati hidup. Itulah janji Kantor PLN Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Malang, dalam memberikan kenyamanan bagi pelanggannya.
Asisten Manajemen Bidang Pelayanan dan Administrasi PLN UPJ Malang, Santjoko, SE. Dia menjelaskan, saat ini kebutuhan PLN UPJ Malang terhadap pembangkit listrik telah tercukupi. Karena itu masyarakat tidak perlu khawatirkan akan adanya pemadaman selama bulan Ramadhan dan Lebaran.
"Bahkan dalam masa setelah Lebaran juga tidak ada lagi pemadaman listrik, kecuali adanya gangguan yang tidak bisa diprediksi," ujarnya.
Adapun pemadaman yang masih kerap terjadi akibat adanya gangguan trafo maupun provider. Kalau gangguan provider maka pemadaman akan terjadi di satu jurusan saja sesuai dengan lokasi gangguan. Gangguan itu bisa diakibatkan oleh pohon tumbang, terkena benang layangan.
Meskipun sudah tidak terjadi pemadaman, pemenuhan listrik di Malang Raya masih sering diganggu oleh kasus pencurian listrik. Pada bulan Juli kemarin, PLN telah melakukan pemeriksaan terhadap 14.561 jaringan pelanggan. Hasilnya, ditemukan sebanyak 639 pelanggaran yang dilakukan oknum.
Adapun pelanggaran yang dilakukan terdiri dari 2 macam yaitu, memperbesar daya tanpa pemberitahuan dan merekayasa meteran listrik. Untuk pelanggaran memperbesar daya terdapat 235 kasus. Sedangkan pelanggaran rekayasa meteran ada 224 kasus. Sisanya sebanyak 180 kasus melakukan pelanggaran gabungan. Yaitu, selain memperbesar daya juga merekayasa meteran.
Dengan temuan itu, maka para pelanggar dikenai sangsi Tagihan Susulan. Para pelanggar tersebut diwajibkan membayar jumlah daya yang telah dicuri. "Dan jika tagihan susulan itu tidak dipenuhi maka PLN bisa memutus jaringan PLN di rumah pelanggan yang bersangkutan," jelas Santjoko

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...