Tarik Biaya UN, Sekolah Dilaporkan Dewan

Parlemen News - Wali murid kelas VI SDN Madyopuro III, Kota Malang, Jawa Timur, mengadukan pungutan untuk biaya ujian nasional ke Komisi D DPRD kota Malang. Anggota Komisi D Bidang Kesejahteraan DPRD Kota Malang Isa Ansori,  mengaku dirinya mendapatkan keluhan dari wali murid kelas VI yang dipungut sebesar Rp307.500 per siswa.

"Biaya keperluan UN seperti foto, praktik ujian dan try out  maupun penulisan ijazah, seharusnya tidak dibebankan pada orang tua murid," kata politisi dari PKS tersebut.

Padahal, ujar Isa, untuk berbagai kebutuhan biaya mulai sebelum UN hingga penyerahan ijazah sudah dianggarkan dalam pos anggaran Dinas Pendidikan (Diknas) Kota Malang dan tidak boleh dibebankan pada orang tua murid.
Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya akan segera menelusuri keluhan warga yang masuk ke Komisi D guna memastikan pungutan tersebut apakah masuk kategori liar atau resmi.

Jika terbukti itu pungutan liar, katanya, pihaknya akan menegur kepala sekolah dan mengembalikan uang wali murid yang sudah telanjur disetor, sebab segala keperluan yang berkaitan dengan UN sudah dianggarkan diknas.  

"Apalagi ini kan UN di SD, kenapa harus memungut biaya yang begitu besar kepada wali murid. Sebagian besar untuk kebutuhan UN SD sudah dianggarkan dalam pos anggaran Diknas, sehingga tidak lagi dibebankan pada orang tua murid," tegasnya.

Berdasarkan keterangan dari salah seorang wali siswa kelas VI di salah satu SDN di Kota Malang, anggaran UN SD yang dibiayai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp124 ribu per anak, sehingga pihak sekolah mencari tambahan dari wali murid untuk menutup kekurangannya.

Kebutuhan yang belum teratas dana BOS di antaranya adalah uang transport dan konsumsi pengawas ujian, satu set alat tulis khusus UN,  konsumsi siswa selama UN, foto, buku latihan UASBN serta foto kopi dan legalisasi ijazah.

Untuk menutup seluruh kebutuhan UN hingga kelulusan, setiap sekolah nominal pungutan berbeda-beda, tetapi rata-rata masih di atas Rp200 ribu per siswa.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...