Choirul Amri, Dirikan Koperasi Berbasis Syariah Untuk Perangi Bank “Thithil”



Keberadaan lintah darah atau rentenir atau sering disebut bank “thithil” di masyarakat merupakan fenomena ekonomi-sosial yang sampai saat ini masih terjadi di pasar-pasar tradisional. Akibat maraknya rentenir ini, masyarakat kecil banyak dirugikan karena hutang yang harus diterimanya terlalu membebani. Adalah seorang Choirul Amri SE, anggota DPRD Kota Malang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berjuang untuk memerangai bank “thithil” tersebut dengan mendirikan sebuah koperasi berbasis syariah.
Berikut wawancara Malang News bagaimana kiprahnya sebagai anggota DPRD Kota Malang:

Sekilas Perjuangan Anggota Legislatif Choirul Amri :
Legislasi
-          Turut membahas aktif dalam membuat perda terkait dengan tata ruang yaitu PERATURAN DAERAH KOTA MALANG NOMOR 4 TAHUN 2011 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH KOTA MALANG TAHUN 2010-2030 dimana dalam perda tersebut disepakati RTH sebesar 30%.
-          Turut aktif mengagas, membahas dan memutuskan sejumlah anggaran yang cukup besar alokasi pendidikan gratis
-          Turut Aktif membahas di Badan Anggaran anggaran yang cukup besar penambahan anggaran untuk menjamin  semua rakyat miskin mendapat  pelayanan kesehatan gratis
-          Turut aktif memberikan sumbang saran terkait perda terkait pembatasan usaha minimarket berjaringan
-          Turut aktif mengagas dan memutuskan kenaikan kesejahteraan bagi guru ngaji/sekolah Minggu, modin, RT - RW dan Alhamdulillah mulai tahun telah dinaikkan.
-          Aktif mendesakkan  kepada pemkot untuk mewujudkan sarana jalan yang layak dan juga mendorong pemerintah kota   membuat jalan baru jalitim dan jalibar.
-          

Advokasi
-          Turut aktif mengadvokasi perjuangan para pedagang pasar Dinoyo, pasar Blimbing serta Pasar Gadang.
-          Mengadvokasi anggaran pendidikan hingga akhirnya bisa diterima  oleh banyak  sekolah-sekolah swasta dari berbagai latar belakang sekolah
-          Pavingisasi dibeberapa wilayah kelurahan

Media
-          Selalu aktif memperjuangkan kepentingan masyarakat melalui media massa dan  termasuk tertinggi kemunculannya di media cetak.
-          Salah satu yang menjadi narasumber media diantara sedikit anggota dewan
Sosial
-          Turut aktif menjadi pendiri dari salah satu sekolah Islam dalam upaya turut sertas menyiapkan generasi yang cerdas, berkarakter dan unggul
-          Bantuan ke masjid-masjid
-          Turut mendirikan koperasi simpan pinjam berbasis syariah  tanpa bunga sebagai alternatif bank “thitil” yang berbunga mencekik.


 Kesan kesan atau suka duka selama menjadi anggota dewan :
suka : Apabila kita bisa mengegolkan program-grogram yang berfihak kepada rakyat. misalnya program sekolah gratis yg selama ini menjadi impian bersama. Juga aturan yang "moratorium " (penghentian) pendirian alfa dan indomart yang selama ini terbukti mengkanibal usaha kecil / mracang rakyat bawah, juga program memperbanyak taman-taman rakyat yaitu pertama taman singah di Merjosari dan kemudian menyusul di tunjung sekar dan blimbing dan sekitarnya.
duka : Prihatin dan sedih apabila pemkot tidak punya goodwill untuk melaksanakan perda-perda yang sudah diputuskan.  Misal terkait aturan sepadan jalan yang banyak dilanggar, pendirian ruko-ruko  yang mewabah yang tidak ada pembatasan. Juga masalah infrastruktur semisal jalan yang tidak mendapatkan perhatian yang "serius" dari pemkot terbukti nyaris selama ini tidak ada lagi penambahan jalan baru. Padahal setiap waktu dewan khususnya kami di komisi C mendesak pemkot untuk membuat jalan baru . baik melebarkan jalan yg sudah ada dan juga membuat jalan-jalan baru.

Duka yang lain adalah ketika merasakan kota Malang semakin hari bukan semakin tertata dan nyaman justru sebaliknya. kemacetan dimana-mana utamanya hari libur sementara pemkot tidak serius mengambil langkah-langkah menguraikannya.

 Ucapan terima kasih/pesan untuk warga Kota Malang :
Saya mengucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga malang yang masih mempercayakan kepada kami untuk mengemban amanah ini kembali. doakan kami tetap bisa amanah dan istiqomah.
Profil Lengkap Choirul Amri SE :
Nama : choirul amri, SE
Alamat :jl.plaosan timur perum bugenvile 21
nomor kontak/hp : choirulamri@gmail.com

Tanggal lahir : 22 mei 1973
nama istri :Rikhlatus shalikah, SP
nama anak :
1. izzuddin sava al qossam
2. Zulfikar salahudin al ayyubi
3. Muhammad Rifki Nabil
4. Najwa Yasmin Aisyah




Pengalaman organisasi baik di partai dan organisasi lain:
- OSIS SMA 1 Ponorogo 1991
- Pecinta Alam "Ganesha Pala" sma 1 ponorogo 1991
- Ketua Majelis Pertimbangan Siswa SMA 1 ponorogo 1991
- Ketua bidang publikasi dan propaganda KAMMI malang raya 1998
- Ketua Lembaga Pengkajian Peradaban dunia Islam (LPPDI) " Cordoba"
- Sekum PKS Kota malang 2005
- Ketum PKS kota Malang 2006

Pengalaman bekerja :
- Kepala Divisi marketing PT BIOKO 2003
- Owner CV Niagara Quanta Prima

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...