Tri Yudiani, Semua Warga Harus Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis



Adalah Tri Yudiani, anggota DPRD Kota Malang dari PDI Perjuangan Kecamatan Blimbing memperjuangkan terselenggaranya kesehatan yang murah dan gratis untuk warga Kota Malang. Gratis bukan harus rendah kualitas pelayanan kesehatan, namun, juga harus menyentuh aspek pelayanan yang maksimal.

Untuk bisa memberikan jaminan kesehatan bagi warga Kota Malang yang majemuk ini, maka menurut Tri Yudiani adalah dengan memetakan warga miskin yang ada. Sehingga, jaminan kesehatan dari pemerintah akan turun tepat sasaran.
Menurut Tri Yudiani  masih ada warga miskin sebanyak 103 ribu jiwa yang dimasukkan dalam jaminan kesehatan nasional (Jamkesnas). Data tersebut terkait dengan adanya program pemerintah mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang akan diberlakukan awal  2014 mendatang.
Untuk itu, Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang ini mengatakan, bahwa data penerima program asuransi kesehatan harus benar–benar akurat dan tepat sasaran. Ia berharap sebelum pembahasan APBD 2014 selesai, data tersebut sudah fix dan bisa diterima pihaknya.
Untuk itu kami bekerjasama dengan  Dinas Kesehatan Kota Malang agar bisa memberikan ke kita data riil jumlah warga miskin yang akan diasuransikan itu. Apalagi program BPJS adalah  juga program nasional,” tutur perempuan yang biasa disapa Yudis ini.
Politisi PDI Perjuamgan itu mencontohkan, pada 2013 ini misalnya, banyak warga miskin yang tak terdata menjadi penerima program jamkesda. Komisi D sendiri sering menerima pengaduan dari warga miskin karena tak ikut merasakan program itu. “Jangan sampai banyak pengaduan yang muncul karena warga merasa penerima program tak tepat sasaran,” ungkap Yudis.
“Asuransi dari pemerintah ini sangat penting dan dibutuhkan oleh warga miskin Kota Malang. Agar pemberian asuransi ini tepat sasaran, maka data harus segera divalidasi. Jangan sampai warga miskin ada yang terlewatkan untuk mendapat asuransi ini,” pungkas Yudis.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...