Arif Dharmawan, Selesaikan Banyak Pekerjaan Rumah


Menjadi ketua DPRD Kota Malang memiliki banyak tanggung jawab yang besar, sebelum mengakhiri masa jabatannya. Adalah Ir Arif Dharmawan, politisi dari Partai Demokrat juga bekerja keras menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah. Salah satunya yang menjadi skala prioritas adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik pemerinta kota Malang.
RSUD Kota Malang ini, sebelumnya direncanakan akan beroperasi pada bulan Januari 2014. Namun, rencana itu dibatalkan karena dinilai belum memenuhi sejumlah prasyarat. Infrastruktur untuk memenuhi rumah sakit tipe C ini hingga regulasi pembentukan rumah sakit masih belum ada. Perencanaan pembangunan RSUD itu dinilai kurang bagus. Misalnya siteplan kurang rinci, dan juga belum memiliki kamar jenazah.
Menurutnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang seharusnya memiliki skala prioritas dalam pembangunan RSUD pertama milik Pemkot Malang itu. “Bentuk pengelolaan RSUD juga belum dijelaskan, termasuk struktur organisasinya. Dinas Kesehatan tahun ini juga mengajukan dana tambahan untuk kelengkapan sejumlah infrastruktur,” sambungnya.

Ditambahkan oleh politisi Partai Demokrat itu, dalam RAPBD 2014 Kota Malang yang sudah diajukan ke Gubernur Jawa Timur, Dinkes mengusulkan anggaran Rp 973 juta untuk instalasi pengelolaan limbah, pengadaan alat kesehatan senilai Rp 3,5 miliar dan sejumlah anggaran lainnya. “RSUD Kota Malang ini juga belum memiliki Perda yang mengatur bentuk organisasinya, karena ranperda tentang itu masih digodog di dewan,” jelas Arif.

“Ranperda RSUD, nantinya akan mengatur struktur organisasinya, jika sudah terbentuk maka rumah sakit bisa dibuka. Dalam peraturan itu nantinya juga akan mengatur status RSUD, apakah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) atau seperti apa. Ranperda tersebut ditargetkan selesai pada Maret 2014 mendatang sehingga ada dasar hukum untuk operasionalisasi rumah sakit ini,” imbuh Arif.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...