Foto Prof Dr Samaun Samadikun Hiasi Halaman Google



MALANG NEWS - Pada hari ini animasi google dari Prof. Dr. Samaun Samadikun menghiasi laman utama google. tak salah memang jika google pada hari ini merayakan Hari lahir Samaun Samadikun yang ke-85. pasalnya beliau bukanlah orang yang sembarangan. Samaun Samadikun sendiri memang dikenal sebagi Bapak Mikroelektronika.



Pr. Dr. Samaun Samadikun sendiri lahir di Magetan pada tanggal 15 April 1931. Ia pernah menjadi salah seorang dosen di ITB yang semasa hidupnya dikenal karena kepribadian dan sikapnya yang sangat sederhana dan bersahaja, namun tanpa mengurangi sedikit pun kewibawaannya sebagai salah seorang yang disegani.

Berawal dari pendidikan Teknik Elektro di ITB yang ditempuhnya pada tahun 1950. Kemudian Prof Samaun pun melanjutkan kuliahnya dan lulus dari Universitas Standford untuk mengambil gelar M.Sc di tahun 1957, tak hanya itu gelar Ph.D. pun berhasil direngkunya pada tahun 1971 dalam bidang teknik elektro. Prof Samaun bersama dengan K.D Wise akhirnya berhasil menciptakan sebuah paten “Method for forming regions of predetermined in silicon” dengan nomor Us Patent No 3.888.708 pada tahun 1975.

Prof Samaun sendiri juga Pernah menjabat sebagai seorang direktur pertama dari sebuah Pusat Antar Universitas (PAU) Mikroelektronika di ITB pada periode tahun 1984 hingga 1989. Ia pun juga sempat mengambil cuti dalam mengajar di ITB karena ia mendapatkan jabatan sebagai Direktur Binsarak DIKTI dari pemerintah pada tahun 1973 hingga 1978. serta pada tahun 1989 sampai 1995 Prof. Dr. Samaun Samadikun diangkat menjadi ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Usai masa jabatan di LIPI berakhir, Prof Samaun Samadikun akhirnya memutuskan untuk kembali lagi mengajar di ITB. ia pun mengabdikan dirinya disana hingga akhirnya beliau meninggal dunia pada tahun 2006.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...