Pencarian Pendaki Hilang Dihentikan, Pendakian Semeru Dibuka Kembali


MALANG NEWS - Pencarian terhadap pendaki asal negara Swiss Lionel De Creaux, 26 tahun, yang dinyatakan hilang di Gunung Semeru sejak tanggal 3 Juni 2016 akhirnya resmi ditutup pada tanggal 18 Juni 2016.
Operasi SAR sebenarnya sudah ditutup beberapa hari lalu, namun pihak keluarga dengan difasilitasi kedutaan negara Swiss minta operasi SAR diperpanjang. Namun, pencarian terhadap korban hilang ini tidak membawa hasil.

Menurut kepala resort Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ranupane, Djoko Puruito Riadi operasi pencarian dinyatakan resmi ditutup. Sesuai aturan yang ada pada organisasi SAR pencarian dilakukan selama 7 hari. Namun atas permintaan keluarga, operasi pencarian dilakukan kembali selama 3 hari.
"Kita sudah berusaha melakukan pencarian dimana diperkirakan area area yang dilewati korban. Namun, hasilnya masih belum ada," ujar Djoko.
Dalam operasi lanjutan pihak SAR sudah menggunakan pesawat tanpa awak untuk memantau area yang diperkirakan korban berada.
Selain menutup operasi SAR, pihaknya juga akan membuka kembali jalur pendakian ke Gunung Semeru pada hari Senin tanggal 20 Juni 2016.

Berikut tahapan operasi SAR yang dilakukan di hari terakhir.

Pencarian hari ke 10, Sabtu 18 Juni 2016, atas Survivor WNA asal Swiss yang hilang di gunung Semeru.

* 06.45 : Persiapan unit Drones.
* 07.15 : Drones kembali diterbangkan dg ketinggian 2300 meter dr lapangan Tawon Songo dengan sasaran Blank 75 dan landing kembali pukul 08.06 wib. Terkendala d kabut.
* 08.00 : SRU Tawon Songo berpencar mnjdi 2 tim; 1 tim menyisir Pal B dan 1 tim ke air terjun gunung Jenggel.
* 11.20 : Seluruh potensi di tarik dri Semeru menuju ke pos Ranupane dan pos Tawon Songo ;
* 12.13 : SRU 2 sampai d pos Tawon Songo dg kekuatan 15 personel .
* 12.40 : Sru 1 Tawon Songo tiba di Posko Tawon Songo dg kekuatan 30 personel.
* 18.31 : Operasi Pencarian Lionel, survivor WNA asal Swiss resmi d tutup dg hasil pencarian smpai hari ke 10 NIHIL

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...