Jodipan, Bukan Hanya Kampung Warna - Warni.

Anak - anak dan remaja berjajar di pinggiran rel saat kereta api melintas.
MALANGNEWS – Beberapa waktu lalu nama Kampung Jodipan di Kota Malang melambung setelah foto – fotonya menjadi viral di media sosial. Salah satu kampung di kelurahan Jodipan menjadi wisata dadakan setelah rumah di kawasan tersebut dicat warna – warni dan terlihat indah. Berada di bantaran sungai brantas, kampung yang kini ramai dikunjungi masyarakat tersebut tampak cantik saat dilihat dari jembatan sungai brantas di Jalan Gatot Subroto Kota Malang.

Namun, hal ini sungguh bertolak belakang dengan kehidupan anak – anak dan remaja di kawasan ini. Sekitar 50 meter di selatan rumah warna – warni tersebut, puluhan anak tidak memiliki tempat bermain. Mereka terpaksa memanfaatkan lahan seadanya, salah satunya adalah kawasan rel kereta api. Daerah yang idealnya steril dari aktivitas manusia ini terpaksa harus dieksploitasi untuk menjadi tempat bermain.
Terlebih saat musim kemarau seperti saat ini, bermain layang – layang merupakan kegiatan asyik pada sore hari. Hal ini tampak dengan banyaknya anak – anak yang berjajar di pinggiran rel menunggu kereta lewat, kemudian melanjutkan bermainnya.

"Saya lihat hampir setiap hari, dan sebenarnya saya juga prihatin dengan anak – anak disini. Mereka tidak punya cukup tempat untuk bermain. Bermain disini (pinggiran rel kereta api) sangat berbahaya" tutur seorang warga yang tidak ingin disebutkan identitasnya kepada MalangNews.

Selain itu, taman bermain yang disediakan pemerintah Kota Malang tampak belum juga memenuhi kebutuhan. Bahkan, beberapa taman bermain juga dalam kondisi tidak layak atau rusak, seperti taman merbabu yang kini terlihat rusak.


Masa anak – anak adalah masa bermain, sudah seharusnya pemerintah memperhatikan hal sederhana seperti taman bermain diantara padatnya perkotaan. Selain itu, peran serta orang tua dalam mengawasi kegiatan anaknya juga sangat penting, demi menjaga keselamatan. (sam)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...